Rabu, 25 Juli 2012

REVIEW SEOULMATE By Lia Indra Adriana



Penulis: Lia Indra Andriana 
Penerbit: Haru
Tebal: 300 hal
Cetakan: January  2011


Ketika kenyataan menentangmu untuk terus berharap 
Sebuah harapan untuk bertemu kembali dengan seorang pria telah memaksa Kim Sun menggunakan kemampuannya berkomunikasi dengan hantu. Ia memutuskan menjadi mate dan bergabung dalam sebuah organisasi ‘penyalur hantu’ bernama SeoulMate yang menerima proposal permintaan bantuan dari manusia. Sebagai mate, ia bertugas menjaga serta membantu soul atau hantu yang bergabung dalam SeoulMate untuk melaksanakan proposal dari para klien SeoulMate. 
Tak disangka, Sun ditugaskan menjaga soul yang amnesia! Hantu baru ini sama sekali tidak mengingat kehidupan manusianya dan terus mendesak Sun untuk membantu menemukan asal-usulnya. Sun tidak habis pikir bagaimana dia dan Jang—nama yang dia berikan untuk soul-nya—dapat menyelesaikan proposal klien jika mereka selalu bertengkar.
Namun, semuanya berjalan di luar dugaan. Tanpa disadari, sengatan-sengatan perasaan aneh yang disebut cinta itu mulai tumbuh antara Sun dan Jang.
Pada saat yang hampir bersamaan, sebuah kenyataan menghadapkan Jang kepada pilihan, antara tetap menjadi soul yang menjalin cinta abnormal dengan Sun atau menuju tempat yang wajar bagi para hantu dan menghilang dari kehidupan gadisnya....



Sun yang sedang kebingungan mencari seseorang yang sangat berarti dalam hidupnya- yang sudah meninggalkannya selama empat tahun mendapatkan tawaran bergabung dengan SeoulMate. SeoulMate adalah perusahaan/organisasi yang menawarkan jasa yang menggunakan tenaga hantu (aneh kan?).
Awalnya Sun enggan menerima pekerjaan itu,tapi sang pemilik menyebutkan nama seseorang dan Sun yang memang sedang mencari pria itu langsung menyetujui. Sun pun dikenalkan dengan calon pasangannya,atau hantu,atau soul …apalah sebutannya yang jelas partner dalam menjalankan tugasnya. 
Pertemuan pertama dengan soul tidak berjalan mulus. Soul ini amnesia,dia tidak mengingat kapan meninggal dan di mana meninggal nya,sedangkan untuk bisa pergi ke tempat yang seharusnya bagi para hantu,dia harus mengingat asal usulnya dan kenapa dia meninggal (hantu bergentayangan karena mereka masih punya urusan dengan dunia). 
Karena si hantu ini amnesia ,Sun memberikan nama,Jang namanya. Bukan karena Sun suka sama actor Jang Geun Seok (penulisnya yg suka^^),tapi kebetulan itu yang diusulkan si hantu ,nama yang di ambil dari sebuah majalah.

Bisa ditebak,mereka yang awalnya saling tidak menyukai, lambat laun timbulah percikan asmara. Kata orang jawa wong tresno jalaran soko kulino (orang suka karena sering bersama),begitupun mereka. Sayangnya Sun dan Jang berbeda dunia. Mana mungkin hubungan mereka bisa berhasil ,tapi mereka tetap menikmati masa masa itu. Bukan hanya antara manusia ,antara hantu dan manusia pun banyak ritangan,orang ketiga. Hantu cantik yang bernama Arang menbuat Sun cemburu luar biasa, apalagi si hantu cantik ini selalu membuntuti kemana Jang pergi…dan yang membuat hubungan mereka hancur adalah si hantu cantik.
Satu kesalah pahaman membuat Jang marah besar,karena merasa di tipu dan di permainkan oleh Sun. Dan kenyataan yang mengguncang jiwa pun harus di terima Sun saat bertemu dengan seseorang yang di tunggunya dan bahkan dia rela bergabung dengan SeoulMate. Dan sungguh disayangkan pria itu melarang Sun untuk berhubungan dengan Jang, karena hubungan manusia dan hantu tidak akan pernah mungkin terjadi.
Dan ketika kenyataan terungkap,mungkinkah Sun rela melepaskan Jang untuk pergi menuju ke tempat yang seharusnya?
Mungkinkah dia bisa bertemu dengan Jang?
Lagi lagi hanya harapan yang tersisa.

Pendapatku

Fuff … huff. .. sebelumnya aku mau bilang makasih dulu sama lia,karena sudah memeberikan kepercayaan sangat besar untuk ikut baca cerita ini sebelum terbit (aku termasuk first reader yang bawel ya?tapi engga bisa request banyak2 juga). Aku suka sekali ceritanya.
Setelah jadi buku engga banyak berubah,tapi aku suka beberapa perubahan yang ada.

Satu lagi novel lia indra yang tokohnya tentang orang Korea,aku pribadi sih sangat suka. Menurutku ini cerita yang sangat unik,dan sampai sekarang aku belum pernah baca yang seperti ini. Hubungan antara manusia dan hantu? Sangat tidak wajar dan tidak normal sama sekali dan sangat tidak mungkin. Tapi di sinilah keunikannya. Mendengar tentang hantu,aku pasti sangat bergidik ngeri,bukan takut ,tapi sangat tidak suka,karena dalam bayanganku namanya hantu tuh,jelek,jahat dan menjijikkan. Tapi untunglah lia menggambarkan hantu nya cantik,cakep,baik dan tidak jahat (tapi usil juga sih sebenarnya),jadi aku tidak menyesal bacanya.

Terus… juga ada namaku lho^^ (duh, aku ceritanya loncat loncat engga jelas,padahal Cuma sedikit banget dialognya,tp tetep seneng. Tanks lia). Dan lagi lagi selalu dan selalu kalau sudah menyangkut novel lia,aku engga pernah jatuh cinta pada tokoh utamanya. 
Aku selalu jatuh cinta sama cowok lain (pada tokoh pendukung),(seperti pada novel Marrying Aids aku pun jatuh cinta sama Fre,yang sayangnya dia akan menikah dengan wanita pilihannya,sial memang ). Dan sekarang kesilanku berlipat ganda,kali ini aku jatuh cinta sama Dong,si hantu tampan (menurutku lo). 

Oh no …masa seoulmate ku hantu sih?yang benar saja…hikz . Ah aku mau berpaling sama Siwon saja ah…
Jadi bagi kalian pencinta tokoh Korea,jangan lupa baca novel ini…wajib hukumnya. Dan buat kalian yang tidak menyukai tokoh Korea pun..wajib hukumnya baca ini (maksa ya?) hehehhe.

0 komentar: