Rabu, 15 Agustus 2012

My Experimen


nasi tumpeng

Tahun 2008 sebelum aku pindah ke Manado,tepatnya tgl 12 bulan 9 anak bos namanya Nana ,merayakan ultah,nah dia reques nasi tumpeng tapi dia ga mau beli,maunya yang masakin ai .aneh-aneh  tuh bocah. Sebenernya aku mau bilang tidak bisa,tapi aku ingat dengan kata-kata yang di ucapkan mami kalau aku mulai cari cari alasan akan sesuatu hal . Nih kata-katanya,kalau kamu berkata tidak bisa,sampai mati kamu tidak akan bisa! Tapi kalau kamu berkata di  usahakan,sampai mati kamu akan berusaha supaya bisa,awalnya aku pikir ,itu ya biar aku mau melakukan hal hal yang sebenarnya aku malas saja,tapi ternyata dengan kata kata itu aku jadi tau,dan bener juga.

Jadi meskipun belum pernah buat nasi tumpeng ,yah jangankan nasi tumpeng,nasi kuning juga ga pernah,tapi aku tetap bilang,saya usahakan...dan lagi ini demi nana,seorang anak yang aku sayang dari baby (aku emang suka sama anak-anak jadi aku sangat menyayangi mereka,bahkan dulu suka pinjem anak tetangga)  Untunglah ada 1 buku resep,banyak buku resep,karena mami mau aku pinter....tapi karena engga berpengalaman,1 resep di buku itu aku contoh,alhasil... 2,5 kilo beras deh untuk nasi tumpeng.
Pagi-pagi aku sudah suruh embak bantuin,aku sendiri yang belanja segala keperluannya,karena selain minta nasi tumpeng anaknya juga minta cake keju,kalau ini aku memang hobi bikin,jd ga masalah.
Singkat cerita... Aku sibuk masak,segala perniknya,sayang waktu itu ga kepikiran bikin foto atau tepatnya belum kranjingan foto-foto segala hal,nyesel deh sekarang. Bikin urap,sambel goreng prentil,kering tempe,sambel,ayam goreng,sambel goreng ati,telur dan perkedel. Oh iya,engga ketinggalan mie panjang umur plus telur puyuh. Ini sudah tradisi kalau ulang tahun siapa pun,mesti bikin mie panjang umur,mie goreng aja sih.
Karena di bantu sama embak aku ga terlalu repot (iyalah dia yg beresin barang"nya).

aku mulai bikin adonan kue juga,yah... Lupa beli gula halus,berhubung waktu lumayan mepet,aku bikin aja tuh dari gula pasir,di blender halus,jadilah gula halus (aku pinter kan?)... Aku bikin adonan,aku masukin ke oven,biasa nunggu 30 menitan gitu,hem... Tiba-tiba aku belum ada lilin sama santen buat es buah kurang dan kalau ga salah harus anter nana ke kumon,ga inget... Pokoknya aku keluarin mobil pergi keluar,aku pesen sama mba nya,tolong di cek kuenya dan aku ajarin cara cek ...
Pas aku balik,pikir sudah matang dong, ealah... Ga tau di apain sama emba,mungkin sama dia tiap 5 menit di cek kali,jadinya yah... Cakenya gosong bawah dan atas ,tapi tengahnya mentah... Jiah,aku panik,mau marah percuma,aku ga mau gagal dong,aku mau yang sempurna,aku ga mau sia sia kerja seharian,jadi aku langsung mikir,bikin lagi.
untung bahan-bahannya masih,jadi aku langsung bilang,siapin semua peralatannya,aku bikin lagi... ( Hihihi,kasihan dia sudah cuci tapi di kotorin lagi sama ai) karena aku buatnya ga sambil emosi,akhirnya  sukses deh...

Nasi mateng,aku langsung bikin tumpeng sama persis yang di buku,dan semua pernil-pernilnya ga ketinggalan deh.
nasi tumpeng,urap sayur,mie panjang umur

Aku juga bikin es buah... Hem,kapan-kapan aku pingin bikin lagi deh nih es,ini ga kalah repot,aku mau yang sempurna juga,jadi sengaja beli alat buat bulet-bulet buahnya nih,meskipun ga indah penataannya,tp berhasil kan? Cantik kan?

es buah 

Jadi...pas mami pulang dia tertawa dan kaget (kayaknya sih) Kata mami,tuh bisa kan,kalau di paksa suruh bikin baru bisa.
seneng gitu lihat hasil karya sendiri,meskipun di bantu emba juga sih,di tata di meja makan,di ultah nana aku bisa masakin sesuai keinginannya. dan semenjak itu,aku ga bisa masakin dia,kalaupun aku pulang jakarta sudah ga pernah masak lagi,kangen hal hal seperti itu sih.
 Nana micumicu... Dia sekarang sudah umur 14 tahun,hyaaa cepet banget waktu,hikz...

Nb. Itu nasi dan makanan segitu banyaknya,tamunya cuma 1 keluarga,jadi cuma 4 orang,di rumah juga cuma 4 orang,di bawain ke tamu buanyak,di bagiin satpam komplek ,di bagiin ke emba juga,dan masih sisa... Trus ai di omelin deh sama mami, "lagian masak ga kira-kira... Kaya masak buat orang sekampung aja! Hehehe,lah cake nya aja 2 loyang "... Aku bilang, "yah yang 1 kan gosong mi" ... "mestine ga papa,wong ga gosong banget"... "Yah mami".

0 komentar: