Jumat, 28 September 2012

EMPEK EMPEK


Empek empek,berbahan dasar ikan tenggiri , makanan khas Palembang ini sukses membuat lidah saya ketagihan,dari empek empek asli Palembang,Lampung,empek empek Pak Raden dan bahkan empek empek abang keliling pernah saya cicipin.

Mendengar kata empek empek pasti membuat liur saya menetes,entah membayangkan kenyil kenyil empuk atau kuahnya yang pedas,asam,manis membuat saya tak bisa lepas dari sensasi rasa.  Setiap ada kesempatan saya tidak lupa untuk menyenangkan lidah ini.


Celakalah saya,pindah ke Manado,tiba tiba penyakit saya kambuh,saya ingin makan empek empek,dan tambah celaka,saya tidak tau dimana saya harus membeli.

Di pasar segar,komplek kantor saya tiba tiba ada penjual empek empek,tanpa pikir saya langsung pesan,dan alamaaaak... Ini bukan empek empek! Ini hanya tepung,hati saya kecewa,sangat... Seperti ini empek empek!
Akhirnya tidak lama toko itu juga tutup.

Beberapa kali dengar salah dua teman grup bahas empek empek,ah pingin menjerit saja,saya juga pingin bisa makan empek empek. Dan kebetulan ada teman di fb posting foto,saya langsung memberanikan diri bertanya,bisa pesan tidak,ternyata bisa, dan saya pesan 150 000 dan ongkosnya 143 000 ,saya tidak kecewa,enak banget dan kuahnya sangat pas di lidah saya.

Puasa lalu saya pesan lagi,kali ini minimum harus 200 000,entah saya yang ketagihan atau memang saya sedang sedeng,saya langsung pesan,dan celakalah saya,ongkirnya mahal juga,hahhaha... Mana empek empeknya pecah berhamburan di dalam kerdus.
Kali ini empek empek tidak seenak yang pertama,tapi saya tetap menikmati,tetap suka.

Dan kali ketiga saya beli,wah langsung 300 000 (ah saya bener bener engga habis pikir,beli makanan sampai segini banyaknya) dan lebih celaka,kali ini saya lagi diet karbohidrat,ahhhh... Tapi saya tidak tahan akan godaan empek empek,dan kali ini saya hanya bisa kukus untuk di makan.
Tapi tetap saja,ini tepung,yang seharusnya saya hindari jauh jauh...
Empek empek sukses membuat saya kacau,makan tidak bisa berhenti,bagaimana ini... Demi empek empek ini,saya memberi kelonggaran sama diet saya,biarlah lidah ini menikmati berbagai rasa,tapi setidaknya besok pagi dia sadar,dan cukup kalap malam ini saja...

*empek empeknya masi banyak,simpan di kulkas dan sedikit saja makannya*
Empek empek rasa enak dan tidaknya tergantung selera masing masing lidah,tapi bagiku,ini empek empek,ini enak. Cukup .

0 komentar: